BumiSholawat

Sebuah Coretan Hitam Putih Putra Lamongan

Lapax Theme
MagaZimple Theme

Cara Setting Akses Point TP-Link WA5210G " Pemancar & Penerima (REPEATER)

Diposting oleh On 23.23 with 46 comments

Tadi di Inbox FB ku, ada yang nanya untuk setting AP TP-Link WA5210G, dijadikan Pemancar dan di jadikan penerima atau Repeater.  bingung juga kalo baru pertama kali nyeting barang kayak gini, seperti pengalamanku dulu, mumet gak karo karoan..tapi berkat saya potong rambut pada saat itu, nemu deh caranya...:),

Ok langsung aja, Mohon maaf gak pakek gambar Buru buru tapi penjelasan ini sepertinya sudah sangat jelas kok,yang merasa gak jelas atau kurang jelas...Di Jelas jelasin lah pokoknya Hahahaha...

Pertama Setting TL-WA5210G Sebagai AP, sebelum masuk kemenu Utama  TL-WA5210G Browsing dulu tentunya,pakek Mozila,IE,Opera,Crome,safari dll..kemudian masukkan IP Address bawaan/default TL-WA5210G 192.168.1.254 > User : admin , Password : admin , karna masih default, Klik ENTER
Setelah masuk menu Utama TL-WA5210G anda akan dihadapai dengan pilihan Menu yang banyak  disebelah kiri anda. langkah pertama untuk menjadikan TL-WA5210G sebagai Pemancar

@1. Quick Setup>Next>AP>Next>Isikan SSID yg diinginkan Contoh ( LacomHotspot ),Region,Chanel "usahakan gunakan Chanel yg jarang dipakai", Mode "pillih yang 54Mbps (802.11.g)>Next > Save tunggu sampai proses rebbot selesai. hingga muncul tampilan Awal.

@2. Kemudian Masuk Network, isikan Ip addres yang anda inginkan contoh 192.168.1.250, Subnet Mask 255.255.255.0, Kemudian Gateway "IP Adrees Modem/speedy anda yang terhubung keinternet" 192.168.1.1. setelah diisi, kemudian di jangan lupa SAVE.

@3. Kemudian Klik Wireless >Wireless Mode > Klik Access Point > SAVE

@4. Lalu Klik Wireless > Security Settings > Pilih Disable Security,WEP,WPA/WPA2,WPA-PSK/WPA2-PSK, terserah mau dibuat seperti apa, kalo mau dibuat Loss, agar satu kampung bisa Online gratis yah di Disable Security aja. Hahahahaha, kalo saya Pakek WEP aja, Type automatic,Format ASCII,buat deh securitynya mau seperti apa...ok setelah selesai ngoprek2..SAVE.

@5. Kemudian lagi untuk mengatur Antenanya neh sangat penting...kalo menggunakan Antena INTERNAL dari TP-Link Masuk Ke Wireless Setting> Antenna Settings , Pilih MODENYA Vertical > SAVE
Selsesai Pengaturan untuk AP,

Untuk membuat TL-WA5210G Sebagi Penerima dan Penyebar sinyal (REPEATER) Caranya semua sama perbedaannya terletak pada point @3. Tapi Yang di Pilih / Klik Universal Repeater > Klik Survey "ini gunanya untuk mencari AP mana yg mau dihubungkan" kemudian pilih salah satu AP > Connect > Jangan Lupa SAVE....

dari keterangan saya diatas, kalo anda mengikuti step by step seprti urutan diatas saya Jamin pasti Berjalan lancar...
Sekian Semoga Bermanfaat....

Lanjutannya lengkap dengan gambar Cara Setting Akses Point TP-Link WA5210G  Versi 2 
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

46 komentar

gan..ane ada beli nih produk, cuma kok gak mau masuk ke settingan, setelah ane ketik 192.168.1.254 (enter) gak muncul2 menu "User" ama "Password"..ane dah coba via HUB ->Kompie..jg Via Langsung ke Kompie (lampu LAN & Power Nyala ), mohon pencerahan..!

@ Mas Budhy: udah di cek belum di Network nya yang di Kompie, IP Addressnya 192.168.1.1 Subnet mask nya default trus gatewaynya 192.168.1.254 DNS nya dikosongin aja. Trus yang dimaksud Lampu LAN dan Power nyala itu yang di TP Link WA-5210G?

Trims gan...udah bisa berkat pencerahan agan...

sama sama, terimakasih untuk kunjungannya...:)

kalo boleh minta gambar langkah2 dari awal setting nya gan maaf masih newbie gan bisa kirim via email sy bunyaminyamin@yahoo.com sebelumnya terima kasih gan sy tunggu banget pencerahannya

gan kalo untuk masuk ke mnu utama yg address nya 192.168.1.254 itu perlu ada koneksi internet ga?

satu lagi gan kalo untuk yg client nya gimana? cara nya sama ke mnu utama dan rubah jadi client? saya coba tapi ga bisa masuk ke mnu utama nya karena di client ini ga ada koneksi internet nya
thanks yaa mohon di bantu

Bangbens : Maaf gan, bukannya g mau,Nanti menyusul ya? kalo ada waktu..:)

Anonim : Tidak perlu ada koneksi internet pun bisa, asalkan TP Link nya terhubung dengan network card di kompie/laptop.

Anonim : Cara nya sama, hanya beda pada WIRELESS MODE nya saja, trus jangan lupa untuk mengisi securitynya, securitynya harus sama persis denggan yang menjadi Akses Point. terus pada NETWORK nya Gatewaynya harus IP yang bisa trerhubung ke internet, Contoh IP Modem Speedy 192.168.1.10, jadi yg dimasukkan bisa IP tersebut..semoga membantu,

saya sudah coba kalo ada koneksi internet address 192.168,1,254 bs masuk tapi pas saya matikan koneksi jd tidak bs masuk

Anonim : emang ip address modemnya agan brapa? trus IP Tp linknya brapa? dan ip 192.168.1.254 itu ip nya apa?

1.254 itu default ip tp nya, modem ip nya 192.168.1.1 kemarin coba bisa connect tapi yg online cuma skype saja, browser tidak bisa, itu kenapa ya? thanks

yuliantotjung : Kalo soal itu saya kurang paham gan. mungkin web browsernya agan bermasalah. saya sarankan di unnistall aja, instal web browser yang baru..hehehe

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Mas Hadi salam kenal..., Mohon Maaf dan terima kasih mampir ke Blog sy, sumber di setiap blog saya sudah tak cantumkan di bawah sendiri tinggal klik aja, ini ku lakukan karena saya sdh berhasil dan saya arsip biar gak cari lagi, kalo cari lagi malah nyasar kadang gak ketemu pada pencarian pertama, kalau ada kesulitan tinggal klik sumbernya. thank's and al'afw
Kapan2 mampir lagi ya ke blog sy http://murniprint.blogspot.com

MURNI Print : salam kenal juga mas...Alhamdulillah kalo postingan saya bisa membantu anda.
Btw, saya respect dengan anda sudah mau membalas dan menjelaskan kronologisnya dan sebagainya.
Jangan sungkan sungkan :)

Bisa tidak si repeater di password, walau pun wifi yg dikonek tidak berpassword.

Mungkin mas RiddickCell bisa coba, tapi saya sendiri belum pernah nyoba tuh..selamat berkreasi

bos, sya dah coba cara² tersebut di atas, pake Netbook Acer AO 722 koneksi lancar tapi klo pake HP Samsung Galaxy Mini S5570 terhubung tapi gk bisa browsing..
ada pencerahan gk bos...???

Ganti di pengaturan dhcp nya. dijadikan enable

Mas Hadi mau tanya ni di PC ane wa5210g kok gak mau masuk ke settingan, setelah ane ketik 192.168.1.254 (enter) gak muncul2 menu "User" ama "Password"...Ip Addrees da ane rubah 192.168.1.100 subnet 255.255.255.0 tp anehnya kalo di laptop ane bisa masuk settingan. PC ane pake OS Windows 7 Unlimited (32-bit) sedangkan Laptop ane pake OS Windows 7 Professional (32-bit). Apa ada yg salah dgn PC ane??? Ane da coba instal ulang PC ane tp tetep gak bisa juga...Pusing ni mas, bantuin dong mas...hehehe. Trims sbelumnya mas

Mas Hadi mau tanya ni di PC ane wa5210g kok gak mau masuk ke settingan, setelah ane ketik 192.168.1.254 (enter) gak muncul2 menu "User" ama "Password"...Ip Addrees da ane rubah 192.168.1.100 subnet 255.255.255.0 tp anehnya kalo di laptop ane bisa masuk settingan. PC ane pake OS Windows 7 Unlimited (32-bit) sedangkan Laptop ane pake OS Windows 7 Professional (32-bit). Apa ada yg salah dgn PC ane??? Ane da coba instal ulang PC ane tp tetep gak bisa juga...Pusing ni mas, bantuin dong mas...hehehe. Trims sbelumnya mas

@Nay : Coba dicek dulu, apakah lampu Ethernet di TP Link nya menyala apa gak? kalo tidak menyala bisa jadi permasalahan di ethernet card PC. atau kalo menyala dan masih tidak bisa connect mungkin di IP address pada PC. yang tidak sekelas.

cara untuk seting dengan acces point utama saya menggunakan d-link, bagaimana caranya mas, coz tplinknya yang saya gunakan sebagai repeater tidak bisa tampil.

bisa lebih spesifik lagi gak? mohon maaf. saya kurang paham dengan pertanyaannya sob. :)

Oke mas nur..Trims. Maklum mas ane baru pertama pake alat yg beginian, jadi masih bingung cara nyetingnya..Jadi gimana cara setting WA5210G agar IP Address sekelas dengan PC ane??? Ktika ane Login ke 192.168.1.254 gak bisa masuk ke menu setingan malah terkadang muncul pringatan IP CONFLICT di PC ane. Apa yg menyebabkan IP CONFLICT mas??? Mohon pencerahannya mas, kalo bisa jawabannya disertai gambar ya mas biar lebih jelas gitu...hehehe.Trims sbelumnya mas.
Email ane : nay9911@gmail.com

Oh iya mas sekedar info disekitar rumah ane, ada 3 tetangga ane yg make WA5210G & jaraknya berdekatan.

Oke mas nur..Trims. Maklum mas ane baru pertama pake alat yg beginian, jadi masih bingung cara nyetingnya..Jadi gimana cara setting WA5210G agar IP Address sekelas dengan PC ane??? Ktika ane Login ke 192.168.1.254 gak bisa masuk ke menu setingan malah terkadang muncul pringatan IP CONFLICT di PC ane. Apa yg menyebabkan IP CONFLICT mas??? Mohon pencerahannya mas, kalo bisa jawabannya disertai gambar ya mas biar lebih jelas gitu...hehehe.Trims sbelumnya mas.
Email ane : nay9911@gmail.com

Oh iya mas sekedar info disekitar rumah ane, ada 3 tetangga ane yg make WA5210G & jaraknya berdekatan.

Maaf baru sempat balas.Kalo IP Conflict, berarti ada IP address yang sama. jadi tabrakan. maksudnya sekelas itu angka 192.168.1.(0/1/2/dan seterusnya 254) jadi angka ke 4 yg dalam kurung ini jangan sampai sama. Saya contohkan
1. Ip Address PC/Laptop 192.168.1.101. Subnet MAsk 255.255.255.0. Gateway 192.168.1.254
2. Buka TP Link WA5210g 192.168.1.254 pasti terbuka, selanjutnya silahkan lihat gambar

Maf mau tanya nih...WA5210G saya kenapa lampu power dan lan'nya tidak menyala yah, padahal saya menggunakan kabel lan bawaan'nya...makanya saya tidak bisa masuk ke settingan configurasi WA5210G...mohon penjelasan kira2 masalahnya ada dimana?

Mohon penjelasan dari awal cara seting wa 5210g sebagai penguat sinyal wifi mas ksrna saya newbe tentang jaring ini. Thanks

Bantu share pengalaman deh,hanya khusus yang masih belum bisa Conek..:)atau mengalami ip conflik.

Klik aja Tulisan di sebalah kiri : Network - Lalu lihat sebelah tengah Halaman ada tulisan LAN
Dibawahnya harus dimasukan IP sama Defaul Getwaynya sama saja gak pa2

Contoh ip baru buat WA5210G

IP Address:192.168.17.12

Subnet Mask:255.255.255.0

Gateway: 192.168.17.12
Lalu jangan Lupa KLIK SAVE.

Seting diatas saya coba di Warnet saya,hanya mengikuti IP Client yang berurutan saja,sehingga ip tersebut jatah dari LAN buat Client Warnet.
Sangat mudah lagi tentunya jika kita langsung terhubung dengan mikrotik atau Modem Spedy yang hanya digunakan 1 komputer saja.
Tinggal ikuti saja Lanjutan dari IP yang kita terima dari Speedy tersebut.
Semisal IP Speedy .192.168.1.1 kita tinggan ikuti aja dan bikin IP baru Semisal : 192.168.1.2/3/4 dan seterusnya.
Gunakan Seting Security nya : WPA-PSK/WPA2-PSK supaya lebih aman.

untuk Wireless MAC Address Filtering:Cukup di Disable aja gak pa2,karena tanpa akses atau izin dari kitapun orang kagak bakalan bisa browser.


Semoga ini dapat membantu.
Terima kasih mas Admin,atas Semua Artikelnya..
Salam kenal selalu.

Mas Nurhadi.. numpang nanya
ane ada masalah dengan setting repeater di wa5210 ane milih mode Repeater> pas di survey dapat sinyal APnya 36dB di dikonek ok tp gk bisa browsing. Di client saya pake USB Wlan untuk konek inet jadi gk pke kabel lan. kira2 seingannya yg salah dimana?
Untuk AP saya pake Bullet 2HP
tolong pencerahannya mas..

Thanks u, pak,..saya baru mau masang jadi tau,..

Mf Mau tanya..., dari gedung 1 ada 1 Line Speedy (Wireless Router- TP Link) > mau ditangkap dari gedung 2 menggunakan wifi terus langsung ke HUB. Bisa ndak ya .
Mohon penjelasannya dan alat yang digunakan.. Mksh.
downloaderyangbaik@gmail.com

Saya sudah ngikutin cara-cara diatas,tp tetep ga bisa buka internet,knp ya??

bro... kalau IP modemnya 192.168.0.1
itu gimana bro... mau d rubah kaga bisa

permisi agan,

kalau yang sebagai universal repeater itu link signalnya nyala gak ya ?
soalnya saya setting sesuai prosedur agan kok mati ya !
thank's gan

Kenapa di TL-WA5210G penerimanya, hp tidak bisa connect y? Yg bisa connect cuma laptop yg buat setting TL-WA5210G nya?

Gan, AP utama saya pake tl ant2415d , untuk repeater saya pake TP-Link WA5210G, pada saat sudah terhubung yang bisa login cuman 1 user.
Mohon bantuan dan pencerahanx gan !

Bisa lebih spesifik gak? permasalahnnya.
Yang bisa terhubung itu pakai koneksi wifi atau kabel lan?

Maaf gan sy juga bingung bahasax,
Di sisi TP-Link WA5210G koneksi menggunakan wifi hanya bisa konek 1 user, apabila ad yg konek maka user pertama tdi otomatis keluar. intinya hanya bisa login 1 user.
padahal sudah menggunakan pilihan repeter dan universal repeter.
padahal koneksi di ap utama bisa lebih dari 1 user koneksi sekaligus.
Terimakasih atas responnya

Kalo di seting ke universal repeater kok securitynya cuma bisa wep doank? Gak bisa diganti ke wpa/wpa2.
Terus gimana bisa jadi repeater ssid yang pake wpa/wpa2???

Yg kasi pencerahan masih begoooo

setelah direset tp-link-tl-wa7210n kenapa tidak bisa masuk ip defaultnya, mohon pencerahanya gan

alhamdulilah,,setelah sya ikutin tutorial nya sekarang sudah bisa terhubung internet,,sudah bisa browsing sudah bisa youtub dan lain2.. tapi maaf kang sya mau tanya..di komputer kan saya sudah terkoneksi internet.tpi di hp ko wifi nya ga terdeteksi ya.apa setingan nya ada yang kurang..apa mungkinm modem yang tipe TP LINK WA-5210G ga bisa mancarin wifi ke hp,wlw pun di pc sudah terkoneksi internet.. trimakasih

Jangan lupa tinggalkan jejak anda disini, mohon jangan memberi spam/sejenisnya. blog ini hanya sebuah coretan kecil saya. Semoga bisa membantu.

WPDealer 728x90