BumiSholawat

Sebuah Coretan Hitam Putih Putra Lamongan

Lapax Theme
MagaZimple Theme

Sukses Kuliah, Sukses Organisasi, Sukses Karir

Diposting oleh On 19.26 with No comments

Sukses Kuliah, Sukses Organisasi, Sukses Karir

Mengapa banyak mahasiswa yang sudah puas dengan hanya IP tinggi. Tidak inginkah mereka sukses juga menjadi pemimpin di sebuah organisasi? Atau sukses berwirausaha dan berkarir? Mungkin kecenderungan mahasiswa mengejar IP tinggi dengan harapan gampang dapat kerja adalah mentalitas peninggalan kolonialisme Belanda yang secara sistematis telah mendesain Hindia Belanda sebagai negara pegawai (Beambtenstaat). Pada masa itu, para orang tua dari kalangan priyayi (bangsawan) bercita-cita agar anaknya kuliah di OSVIA (kini IPDN) yang mencetak calon-calon pegawai negeri. Pemerintah kolonial Belanda pun diuntungkan karena mendapatkan suplai pegawai-pegawai bumiputera yang loyal mengabdi kepada penjajah. Tentu saja, para mahasiswa OSVIA tersebut tidak diizinkan berorganisasi sebagaimana rekannya-rekannya di THS (kini ITB) dan STOVIA (kini FKUI).

Ketika kini Indonesia sudah bebas dari belenggu penjajahan Belanda dan tekanan diktator Orde Baru, maka kebebasan berorganisasi pun tidak dikekang seperti dulu. Maka, sudah saatnya para mahasiswa tidak lagi menjadi mahasiswa kupu-kupu yang habis kuliah langsung pulang, tapi aktif mengisi waktu luangnya dengan aktivitas yang bermanfaat bagi pengembangan dirinya, baik berorganisasi, berwirausaha dan lain-lain. (alf)
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Jangan lupa tinggalkan jejak anda disini, mohon jangan memberi spam/sejenisnya. blog ini hanya sebuah coretan kecil saya. Semoga bisa membantu.

WPDealer 728x90