Cari Blog Ini

Memuat...

Sami Yusuf

Posted by R Nurhadi On 0 komentar
Siapa sangka syair-syair Islam dapat bergema di negri Elisabet, salah satu negara Eropa yang mayoritas berpenduduk non muslim. Negri yang akrab dengan lagu-lagu rock n roll itu, kini tercerahkan dengan alunan suara nanmerdu syarat dengan nuansa Islami.

Ia adalah Sami Yusuf, penyanyi keturunan Azari yang lahir dari sebuah keluarga pecinta musik. Awal kali dirinya mengenal musik melalui didikan sang ayah, seorang penyair sekaligus penggubah lagu yang sudah kondang hingga papan atas internasional.

Sami yang dilahirkan di Inggris tahun 1980, tumbuh dewasa di kota London, sejak muda ia telah mempelajari berbagai jenis instrument. Lalu berangsur-angsur ia menunjukkan keseriusannya untuk mendalami seni musik dan cipta lagu.
Penyanyi yang memiliki wajah tampan dan tawadlhu ini, sempat mengenyam pendidikan musik di beberapa perguruan tinggi, yang dibimbing lansung oleh para kompuser dan musisi ternama dari The Royal Academy of Music di London, sebuah perguruan tinggi musik bergengsi di dunia.

Sejak awal Sami terjun ke dunia musik, ia mulai mencipta lagu, terlebih didukung dengan suara merdu yang ia miliki memudahkannya dalam menyelaraskan setiap lagu gubahannya. Disamping teori musik yang ia kuasai dengan baik, Sami juga mahir dalam memainkan musik ala timur tengah, maka tak asing kalau kemudian dalam beberapa lagunya, kita diperdengarkan dengan musik ala negri padang pasir. Salah satu lagunya yang menarik adalah "Hasbi Rabbi" di album terbarunya "My Ummah". Sami mendendangkannya dengan tiga bahasa; India, Turki dan Arab, khas dengan alunan musik dari masing-masing negaranya.

Sami yang tercacat sebagai warga negara Inggris ini, juga termasuk muslim yang taat, salah satu dakwahnya adalah melalui bait-bait lagu yang ia nyanyikan, padat dengan pesan-pesan dakwah. Kesuksesannya dalam bidang seni musik di negri Pangeran Charles, ternyata menjadi dorongan tersendiri bagi para pemuda muslim Inggris, agar bangga dengan agama dan identitas mereka sebagai seorang muslim.

Hingga saat ini Sami telah mengeluarkan dua buah album, yang berjudul "El Muallim" dan "My Ummah". Dalam mempromosikan albumnya, Sami juga mengadakan tour, salah satunya yang diadakan di "City Center Mall" Mesir. Beberapa bulan lalu ia juga turut serta dalam event konser amal bersama tim nasyid Raihan Malaysia di National Trade Centre Toronto, Canada.

Bagi sobat-sobat yang penasaran dengan nasyid Sami Yusuf, silahkan download salah satu nasyidnya... ASMA 'U ALLAH, "Healing, & Try Not Cry" yang kereen abiss...
Comments
0 Comments

0 komentar: