BumiSholawat

Sebuah Coretan Hitam Putih Putra Lamongan

Todays Heandling

ADVERTISEMENT

Cara Instalasi Jaringan Kabel LAN (Local Area Network)

Diposkan oleh On 14.54 with 3 comments

Udah lama gak nongol, sekarang baru sempat utak atik alias posting.Maklum disibukkan dengan kerjaan yang sangat padat. Mungkin sebagian besar teman teman blogger sudah tidak asing lagi dengan postingan saya kali ini, saya hanya ingin berbagi agar teman teman setia pengunjung Blog Bumi Sholawat hasratnya terpenuhi, karna Menanggapi komentar teman dan rekan rekan blogger, kali ini saya ingin berbagi tips untuk  Cara instalasi kabel LAN (local area network) atau disebut kabel UTP, yang sangat simple dan mudah. gak susah, siapa tau diantara rekan rekan blogger ingin belajar/iseng-iseng instalasi kabel LAN (local area network) pertama yang harus disiapkan adalah :


1. Crimping Tool










2. Kabel UTP

















3. Connector RJ45

















4. LAN Taster

Jika sudah siap semua Tinggal Kopi dan Rokok djisamsoe nya belum...siapkan dulu bro..:)
LAngkah selanjutnya Kita akan membuat kabel Straight. kabel jenis ini digunakan untuk Menghubungkan dua komputer/lebih didalam satu jaringan LAN.Contoh :  Komputer/Notebook A > Modem > Switch HUB > Komputer/Notebook B dan seterusnya. berikut penampakannya Kabel Straight 
Straight Kabel

Selanjutnya Kita akan membuat kabel Cross, Kabel cross digunakan untuk menghubungkan Hanya 2 Komputer/Notebook saja, tanpa melalui Perangkat Tambahan seperti Switch HUB. . Berikut penampakan dari kabel cross
Cross Cable
Apabila kabel kabel tersebut sudah terpasanag pada tempatnya masing2.. silahkan gunakan LAN Taster seperti pada gambar No.4, untuk mengetahui apakah kabel kabel tersebut sudah dipasang dengan benar dan terhubung,bisa dilihat dari 8 lampu yang terdapat pada 2 sisi Tester berjalan seirama.kalau saya jarang menggunakan LAN Tester..:). dan  cara ini hanya untuk apabila kita memasang kabel straight.
sekian semoga bermanfaat, apabila ada kurang jelasnya bisa ditanyakan langsung. selamat bekerja...
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

3 komentar

kita juga punya nih artikel mengenai 'Jaringan LAN', silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/5747/1/Dokumen%20Presentasi.pdf
terimakasih

saya mahasiswa dari Jurusan Informatika
Artikel yang sangat menarik, bisa buat referensi ini ..
terimakasih ya infonya :)

Service komputer Panggilan

Kami melayani jasa service komputer panggilan
Service komputer antar/jemput. bagi anda yang
tidak punya waktu dan tidak ingin repot repot
bawa ke reparasi komputer silahkan Hubungi
Kami. jika bapak atau ibu sibuk cukup Hubungi
Kami Maka Kami akan pergi ketempat anda
Hub : 081294209696

Berkut ini adalah kerusakan yang biasa kami temui :

Software :
1 Install Ulang Windows (WinXp,Win7,Win8,Win10)
2. Install Drivers (VGA,Sound,Printer dll)
3. Install Games (Pes2014,Need for speed,dll)
4. Install Software (autocad,Photoshop,Office,dll)
5. Virus Cleaning (Trojan,Worm,Heal Data)
6. Recovery DATA (Terformat,Terpartisi,Terdelete,dll)


Hardware :
1. Mati total
2. Tidak Tampil
3. Bunyi Bunyi
4. BlueScreen
5. Lemot
6. Tidak Bisa Masuk Windows
7. Sering Hang,Restart
8. Installasi Lan/Wireless

Silahkan Hubungi Kami
081294209696
Bilawal.rifai96@gmail.com
Http://www.mataharikomputer.com

Jangan lupa tinggalkan jejak anda disini, mohon jangan memberi spam/sejenisnya. blog ini hanya sebuah coretan kecil saya. Semoga bisa membantu.